7 Cara Menghilangkan Selulit Secara Sehat & Alami - Cantik Millenial

7 Cara Menghilangkan Selulit Secara Sehat & Alami

Selulit adalah kondisi kulit berlesung pipit seperti kulit jeruk yang umumnya terjadi di daerah paha. Selulit terbentuk ketika jaringan lemah di dalam kulit mendorong jaringan ikat. Hal ini adalah salah satu masalah yang sering diributkan kaum hawa. 

Selulit kebanyakan dialami oleh wanita berusia 21 tahun ke atas dan tidak sedikit yang sudah mengalami selulit. Area paha memiliki lebih banyak jaringan lemak dan hal ini membuat selulit bisa berkembang di area ini. 

menghilangkan selulit

Ada banyak faktor yang menyebabkan selulit, seperti usia, hormon, penambahan berat badan, hilangnya kolagen, sirkulasi yang buruk dan sebagainya. Memang tidak ada yang salah dengan selulit, tetapi tampilannya membuat banyak orang ingin menghilangkan selulit, karena pastinya memiliki selulit bisa mengurangi kepercayaan diri, bukan?.

Selulit memang tidak bisa hilang. Entah berapa banyak krim atua scrub selulit yang sudah kamu gunakan, kamu tidak bisa menghilangkan selulit semudah itu, karena selulit terbentuk ketika sel lemak di bawah kulit mendorong jaringan ikat yang menyebabkan kerutan. Selulit terjadi alami dan tidak bisa hilang, tetapi bisa diminimalkan. 

Berikut beberapa cara alami mengurangi selulit :

1. Menyikat kering dan memijat.

Jika ingin meminimalkan tampilan selulit, mulailah memakai sikat tubuh. Menyikat dan memijat tubuh setiap hari dapat memicu drainase limfatik yang membantu menghilangkan racun menumpuk di lapisan lemak, penyebab peradangan dan selulit yang menumpuk. Kamu perlu menyikat kering area selulit sebelum mandi, dan setelah mandi jangan lupa mengoleskan pelembab yan lembut. 

2. Gunakan retinol body cream.

Selain menyikat, gunakan krim tubuh yang mengandung retinol ke dalam rutinitas untuk menghilangkan selulit. Bahan pembentuk kolagen berfungsi untuk membalut dan menghaluskan kulit setiap kali kamu menggunakannya. Jika menggunakan pada siang hari, pastikan melapisinya dengan body cream yang mengandung SPF aman untuk kulit, karena retinol membuat kulit ekstra sensitif pada sengatan matahari.

3. Gunakan scrub kopi.

Jika kamu tidak suka pijat, kamu bisa menggunakan lulur kopi untuk menghilangkan selulit. Secara topikal, eksfoliasi kopi bubuk dapat meminimalkan munculnya selulit. Kamu dapat memijat area selulit dengan lulur untuk membantu merangsang drainase limfatik. Kafein pada kopi bermanfaat untuk mengencangkan kulit, sekaligus mengeringkan sel lemak, membuatnya mengempis, sehingga selulit semakin memudar. 

4. Konsumsi makanan bergizi. 

Diet tidak bisa memastikan apakah kamu bakal memiliki selulit atau tidak, tetapi mengkonsumsi makanan sehat tidak akan pernah membuat siapapun rugi. Perhatikan asupan natrium dengan banyak makan serat dan makanan biji-bijian, karena dapat membantu membuang limbah atau racun dari usus. Jangan lupa untuk makan buah dan sayuran juga ya.

5. Minum cukup air.

Tetap terhidrasi selalu menjadi solusi untuk banyak masalah, salah satunya menghilangkan selulit. Jika kamu ingin meminimalkan munculnya selulit, maka kamu membutuhkan banyak H2O, karena selulit akan semakin buruk dalam keadaan dehidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan kulit menjadi lebih tipis dan itu membuatnya cenderung lebih menonjolkan selulit. 

6. Olah raga secara teratur. 

Jangan lupa untuk memasukkan olah raga ke dalam gaya hidup sehat kamu guys!. Kamu bisa pergi ke gym beberapa kali seminggu atau menggantinya dengan jogging dan jalan kaki. Mengikuti yoga juga bisa menjadi pilihan yang bagus. Tapi ingat bahwa selulit juga dapat bersifat genetik. Jangan terlalu memaksakan olah raga keras dan jadikan hal itu rutinitas sehat di pagi hari. 

7. Melakukan perawatan.

Mungkin ini cara menghilangkan selulit yang dapat memberikan perubahan signifikan, yaitu datang ke dokter kulit. Pada beberapa metode, ada perawatan yang secara mikroskopis memotong pita penghubung yang menjalin seluruh lemak di paha dan bokong. Hal ini termasuk semi permanen karena hasilnya akan muncul dalam tiga hari saja dan bisa bertahan hingga tiga tahun. 

Ada juga yang disebut sistem frekuensi radio. Perawatan ini biasanya mencampurkan pijat, sedot lemak, atau terapi cahaya. Hal ini dapat mencairkan lemak, memotong jaringan ikat untuk melonggarkan kerutan, meningkatkna pertumbuhan kolagen dan pengencangan kulit, meningkatkan alirah darah dan mengurangi retensi cairan. Perawatan ini dapat bertahan sekitar enam bulan. Pastinya, tidak membutuhkan budget yang sedikit ya

Selulit memang menjadi musuh banyak orang khususnya kaum hawa. Beberapa prosedur perawatan memang bisa dijalani, tetapi juga tidak bisa berlangsung singkat. Meski tidak bisa dihilangkan, kamu tetap bisa mengurangi penampilan selulit dengan cara yang sudah dijelaskan pada fakta diatas. Yang pasti tetap hidup sehat dengan gizi seimbang ya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel