5 Tips Menjaga Kulit Tidak Gosong di Bawah Sinar Matahari - Cantik Millenial

5 Tips Menjaga Kulit Tidak Gosong di Bawah Sinar Matahari

Hampir semua orang selalu melindungi diri saat keluar rumah atau kegiatan outdoor, khususnya pada siang hari. Sinar matahari pagi memang baik, tapi sinar matahari siang dapat menyebabkan kerusakan kulit sekaligus membuat kulitmu gelap. 

Mencegah kerusakan akibat sinar matahari paling mudah bisa dilakukan dengan menggunakan tabir surya, pakaian pelindung dan menghindari matahari saat tengah hari dimana sinar UV paling kuat. Bahaya sinar matahari ini tentu saja adalah kulit yang terbakar. 
Tips Menjaga Kulit Tidak Gosong

Jika dilihat dibawah mikroskop, kamu akan melihat sel-sel dan pembuluh darah telah rusak. Hal ini menyebabkan kulit terlihat kering, kusut, berubah warna dan kasar. Meski kulit tampak lebih tebal, sebenarnya kulit sudah lemah dan akibatnya akan mudah memar. Namun, ancaman yang paling serius adalah bahwa hal itu adalah penyebab utama kanker kulit. 

Untuk menghindari hal-hal buruk akibat sinar matahari, kamu harus menjaga kulitmu dengan baik dan benar. Mungkin saja kamu sudah menggunakan tabir surya, tapi apakah sesuai untuk melindungi dari sinar UV?. Nah, berikut beberapa tips menjaga kulitmu agar tidak hitam di bawah sinar matahari. 


1. Gunakan tabir surya setiap hari, meski mendung. 

Oleskan tabir surya setidaknya 15-30 menit sebelum keluar. Gunakan juga lip balm atau lipstik yang mengandung tabir surya dengan faktor perlidungan matahari (SPF) minimal 30. Pilih tabir surya yang melindungi terhadap radiasi UVA dan UVB, lebih baik jika tahan air.

Tabir surya dapat membantuk kamu agar tidak terbakar sinar matahari, tetapi tidak akan melindungi dari kanker kulit. Oleh karena itu, terapkan kembali tabir surya setiap dua jam dan terapkan setiap satu jam jika kamu sedang berenang atau berkeringat, gunakan lebih tebal kalau bisa. 


2. Berhati-hatilah di sekitar air dan pasir.

Permukaan air dan pasir mencerminkan sinar matahari yang dapat merusak, dengan kata lain dapat meningkatkan peluang kamu terkena sengatan matahari. Jadi, jaga agar kamu tetap dibawah naungan pelindung seperti payung atau topi. 


3. Batasi waktu berjemur. 

Jangan berjemur diantara pukul 10.00 - 16.00, karena itulah saat sinar matahari paling kuat. Jika kamu  tidak membawa jam, kamu bisa melihatnya dari bayangan. Jika bayangan kamu lebih pendek dari kamu, itulah saat sinar matahari paling kuat dan kamu perlu menemukan tempat yang teduh untuk menjaga kulitmu. 


4. Kenakan baju lengan panjang.

Agar lebih aman, kamu bisa menggunakan baju lengan panjang dan celana panjang saat bepergian keluar atau saat kegiatan outdoor. Pakaian warna gelap dengan kain tenun yang rapat dapat menghalangi sinar matahari lebih banyak daripada kain putih atau kain tenun yang longgar. 

Kamu bisa menggunakan pakaian berbahan nilon atau campuran nilon - poliester yang lebih baik. Sedangkan katun paling tidak protektif. Untuk perlindungan tambahan, kamu bisa cari pakaian dengan bahan pelindung matahari khusus. 


5. Pakai aksesoris yang berfungsi sebagai perlindungan.

Aksesoris seperti topi yang melindungi wajah, leher dan telinga bisa menjadi solusi jika kamu ingin terlindung dari sinar matahari. Salah satu dampak sinar matahari pada mata dapat menyebabkan kataran dan melanoma okular. Dalah hal ini, kamu juga bisa memakai kacamata hitam. 

Namun, bukan kacamata hitam buat fashion ya guys!. Pakailah kacamata hitam dengan lensa yang memiliki penyerapan UV 99% hingga 100% yang memberi perlindungan optimal untuk mata dan kulit di sekitarnya. 

Itulah 5 tips yang bisa kamu lakukan agar tidak gosong saat keluar rumah. Disamping itu, berhati-hatilah jika kamu minum obat yang dapat membuatmu lebih sensitif terhadap sinar matahari. Ini termasuk jenis antibiotik tertentu, anti inflamasi, anti jamur, obat tekanan darah dan kemoterapi. 

Dengan melakukan beberapa tips di atas, kamu bisa mengurangi kerusakan kulit akibat sinar matahari langsung. Ingat, sengatan matahari adalah reaksi langsung, tetapi kerusakan akibat sinar matahari terjadi seumur hidup. Jadi, apapun jenis kelaminmu, apapun pekerjaan dan kegiatanmu,  jangan remehkan panas menyengat matahari dan tetap jaga kulitmu ya guys!.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel