14 Cara Alami Menjaga Kulit Awet Muda dan Bersinar - Cantik Millenial

14 Cara Alami Menjaga Kulit Awet Muda dan Bersinar

Kulit gelap dan kusam disebabkan oleh banyak faktor seperti paparan sinar matahari langsung, polusi, kondisi medis hingga gaya hidup yang buruk. Kulit yang bersih dan sehat adalah impian semua orang khususnya wanita. Kamu bisa saja memiliki banyak krim pemutih, tetapi produk berbasis kimia dalam waktu lama bisa berbahaya untuk kulitmu. 

Jika kamu mau bersabar, tentu ada cara memutihkan kulit yang aman, yaitu dengan cara alami untuk hasil yang sempurna. Kamu  harus tahu bahwa tidak ada kulit gelap yang akan menjadi putih seperti yang ada di iklan-iklan produk kecantikan. Namun, kulitmu pasti bisa kembali ke warna kulit alami.

tips memutihkan wajah
Warna kulit dari waktu ke waktu pasti cenderung menjadi gelap karena faktor-faktor seperti debu, polusi dan sebagainya. Untuk itulah kamu perlu melakukan perawatan rutin sekaligus mengubah gaya hidup untuk mengembalikan kulit ke warna alami. 

Berikut beberapa tips untuk mendapatkan kulit putih alami :

1. Tidur yang cukup

Mungkin cukup aneh jika bisa mendapat kulit putih alami dengan tidur. Tetapi faktanya, kurang tidur dapat menyebabkan kulit menjadi keriput, karena tubuh membutuhkan 7-9 jam untuk tidur. Kamu perlu membiarkan tubuh istirahat setidaknya 8 jam perhari. Saat tidur, tubuh meningkatkan aliran darah ke kulit. Jika kamu tidak cukup tidur, kulit bisa terlihat kusam dan dapat menyebabkan munculnya lingkar hitam di bawah mata. 

2. Minum cukup air

terhidrasi dengan baik adalah kunci untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, termasuk kulit. Setiap hari kamu harus rajin minum air agar tubuh terhidrasi, setidaknya dua liter. Minum banyak air dapat meningkatkan tekstur dan penampilan kulit, menunda penuaan, sekaligus membuang racun pada tubuh. TIdak hanya air putih, kamu bisa minum teh hijau serta mengurangi minuman manis, minuman berkafein dan alkohol.

3. Menggunakan sunscreen saat keluar

Kamu perlu melindungi kulit dari radiasi sinar matahari berbahaya ketika keluar rumah. Saat kamu ada di dalam rumah'pun, sinar matahari juga bisa menembus kaca. Oleskan tabir surya di seluruh tubuh sebelum keluar rumah. Jika perlu, gunakan kacamata, topi atau payung untuk melindungi kulit dari sinar matahari dan polusi. Baca : 5 Tips Menjaga Kulit Tidak Gosong di Bawah Sinar Matahari.

4. Selalu lembabkan kulitmu

Melembabkan kulit menggunakan pelembab harisn dapat membantu menyingkirkan kulit kering dan bersisik, serta membuat kulit bercahaya. Terhidrasi juga akan memberi dorongan lebih ke dalam kulit. Jangan lupa gunakan juga pelembab wajah minimal dua kali sehari ya!.

5. Pijat kulit dengan minyak zaitun dan madu

Kamu bisa mencampurkan 2 sdm minyak zaitun dan 1 sdt madu untuk memijat kulit selama beberapa menit. Hal ini dapat meringankan warna kulitmu. Jika memiliki kulit berminyak, tambahkan beberapa tetes lemon dan lakukan pemijatan setiap hari. Cara memutihkan kulit tradisional ini bisa memberikan efek yang lumayan bagus. 

6. Steam kulit

Steam kulit ini biasanya digunakan saat facial dan bertujuan untuk membuka pori-pori untuk membersihkan kulit wajah secara menyeluruh. Kamu bisa mencobanya di rumah menggunakan air biasa. Lebih baik tambahkan kulit lemon sebelum merebusnya. Gunakan air itu untuk mengukus wajah dan lakukan selama beberapa menit, kemudian tepuk-tepuk dengan handuk basah yang lembut. Vitamin C pada lemon dapat meningkatkan warna kulitmu.

7.  Manfaatkan air mawar

Air mawar memiliki sifat anti-inflamasi, mengurangi kemerahan pada kulit. Menyemprotkan air mawah dinding di wajah dapat membuat wajah segar dan kamu bisa menggunakannya kapan saja kamu mau. Kamu juga bisa membuat toner alami dari campuran air mawah dan cuka sari apel. Setelah membersihkan wajah dengan toner alami tersebut, bilas wajah 2 menit kemudian. Hal ini akan menghilangkan kotoran dan sel-sel kulit mati, membuat kulitmu lembut dan cerah. 

8. Scrub kulit

Kamu perlu membersihkan penumpukan kulit mati setiap hari. Selain lulur, kamu bisa membuat cara tradisional dengan menggabungkan 2 sdt bubuk beras dan sedikit minyak kelapa. Oleskan pada kulit untuk menghilangkan kecoklatan, sekaligus memperbaiki kulitmu. 

9. Gunakan masker alami

Penggunaan jangka panjang produk kimia untuk kulit bisa akan lebih menyakiti kulit kamu. Mencerahkan kulit wajah secara alami bisa dilakukan di rumah dengan bahan-bahan alami sebagai masker. Kamu bisa membuat masker dari bahan dasar lemon, pepaya, tomat, timun, lidah buaya, telur dan madu yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit. Baca : 12 Cara Terbaik Memutihkan Wajah dengan Masker Alami.

10. Menekan Stress

Stress tidak hanya berdampak pada kesehatan secara keseluruhan, tetapi dapat menyebabkan jerawat dan garis kerutan pada kulit. Mengurangi stress tidak semudah kedengarannya. Untuk itulah kamu perlu latihan khusus untuk membantu melawan stress, seperti meditasi, olah raga teratur dan meluangkan waktu setiap hari untuk diri sendiri.

11. Hindari lingkungan berkualitas buruk

Kualitas udara dan lingkungan sekitar dapat mengubah penampilan kulitmu secara drastis. Sebaiknya hindari area seperti lingkungan yang berasap atau tercemar untuk melindungi kulitmu. Lingkungan seperti itu melepasan radikal bebas yang dapat merusak kulit dan menyebabkan penuaan dini. Untuk mencegah hal ini, kamu dapat memasang filter udara di rumah, khususnya dapur. 


12. Kurangi asupan susu dan tingkatkan nutrisi

Jika kamu berjerawat, harus mempertimbangkan untuk mengurangi asupan susu. Penelitian dari Harvard School of Public Health menunjukkan bahwa banyak dari yang mengkonsumsi susu hampir 30% mengalami jerawat daripada yang minum susu sedikit. Mulailah makan makanan tinggi buah dan sayuran dan batasi asupan makanan cepat saji. Semakin sehat asupanmu, akan semakin sehat pula kulitmu. 

13. Hindari mandi air panas dalam waktu lama

Jika kamu suka mandi air hangat secara teratur, pikirkan lagi. Menghabiskan banyak waktu dengan mandi atau berendam di air panas dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan lipid yang mengikat sel-sel kulit, serta mengunci kelembaban. Meskipun tubuh akan kembali menaikkan kadar airnya, seringkali terlambat dan membuat kulit kering. 

14. Cek obat-obatan

Jika kamu sedang menjalani pengobatan rutin, seperti obat kesuburan, antibiotik dan sebagainya, mungkin menjadi penyebab tidak bagusnya kulitmu. Obat-obatan seperti antihistamin dan antidepresan dapat menyebabkan kulit kering. Sementara diuretik dan perawatan diabetes dapat membuat kulitmu rentan rusak akibat sinar matahari. Jika reaksi kulit semakin buruk, sebaiknya langsung menghubungi dokter. 

Dengan menjalani beberapa tips gaya hidup diatas dengan teratur, tidak akan lama bagi kamu untuk mendapatkan kulit alami yang lembab, segar, indah dan bercahaya. Gaya hidupmu berdampak besar pada penampilan dan kesehatan kulitmu guys!. Jadi jangan lupa tetap hidup sehat ya!

Reff : mindbodygreen, treatyourskin, india.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel