Mitos dan Fakta Seputar Selulit yang Perlu Diketahui - Cantik Millenial

Mitos dan Fakta Seputar Selulit yang Perlu Diketahui

Selulit menjadi masalah bagi kebanyakan wanita, karena tentu saja mempengaruhi rasa percaya diri atas kondisi kulit yang buruk. Selulit adalah kondisi kulit - lesung pipit pada permukaan kulit, seperti kulit jeruk. 

Tekstur kulit yang bergelombang ini adalah kombinasi dari sel-sel lemak yang mengembang di bawah kulit dan pita serat yang berjalan tegak lurus ke permukaan kulit. Sel-sel lemak yang membesar menciptakan tonjolan kecil, sementara pita serat yang kencang menyebabkan kerutan. Dalam dunia medis, selulit bisa disebut edematous fibrosclerotic panniculopathy, lipodistrofi gynoid atau adiposis edematosa. 

fakta selulit
Selulit bukanlah penyakit, tetapi kondisi kulit yang sangat umum dialami oleh sebagian besar wanita. Umumnya selulit mempengaruhi area tertentu pada perut, pinggul, kaki dan bokong, dan belakang paha. Selulit adalah realita kehidupan yang pasti sangat menyebalkan. Namun, tetap ada cara untuk meminimalkan penampilannya. 

Mitos dan Fakta Seputar Selulit

Ada beberapa orang yang banyak mengartikan semua hal tentang selulit. Kadang, jika kamu sudah kawatir tentang selulit, pasti akan melakukan segala cara untuk menghilangkannya, tanpa tau apakah itu benar atau tidak. Nah, kali ini ada mitos dan fakta seputas seluli yang perlu kamu tau guys!

1. Selulit disebabkan oleh racun dalam tubuh - Mitos

Beberapa produk seputar selulit yang dijual bebas mengklaim dapat membantu menghilangkan racun dalam tubuh. Kemanjuran produk tersebut tentang apa yang menyebabkan selulit memang didukung oleh sains yang memang masuk akal sih

Sebaliknya, selulit terjadi ketika simpanan lemak yang mendasarinya mulai mendorong serat kolagen atau jaringan ikat di bawah kulit. Jaringan ikat dapat dilemahkan oleh hormon, kurang olah raga dan tonus otot, kelebihan lemak dan sirkulasi yang buruk. Namun kondisinya tidak disebabkan oleh racun dalam tubuh. 

2. Wanita mendapat selulit lebih banyak daripada pria - Fakta

Wanita cenderung membawa lebih banyak lemak di sekitar pinggul dan paha, ditambah memiliki jaringan ikat yang kurang mendukung untuk menjaga semua itu pada tempatnya. 

3. Selulit semakin buruk dengan bertambahnya usia - Fakta

Hormon juga berperan dalam penampilan selulit. Seiring bertambahnya usia wanita, tubuh akan menghasilkan lebih sedikit esterogen - hormon yang menjaga pembuluh darah mengalir lancar. Kurangnya esterogen dapat menyebabkan sirkulasi yang lebih buruk. Ini juga berarti penurunan produksi kolagen baru dan kerusakan jaringan ikat yang lebih tua. 

4. Selulit ada di dalam gen - Fakta

Selulit memang bekerja dalam gen keluarga. Jika ibu atau nenek kamu memiliki selulit, kamu pasti memiliki peluang untuk mendapatkannya juga. Genetika hanya satu bagian kecil dari selulit. Faktor-faktor lain seperti diet, olah raga dan menjaga berat badan bahkan memiliki peranan lebih besar.

5. Selulit hanya terjadi pada orang gendut - Mitos

Kelebihan berat badan memang membuat penampilan selulit lebih terlihat, karena pastinya akan semakin banyak lemak yang kamu miliki di bawah kulit. Hal ini memperbesar kemungkinan adanya tekanan pada jaringan ikat, membuatnya menonjol keluar dari titik lemahnya. 

Namun, selulit juga terjadi pada wanita kurus maupun yang seksi. Bahkan, wanita yang rutin olah raga, menjaga pola makan sehat dan melakukan segala hal dengan baik, tetap masih memiliki masalah selulit, contohnya model Victoria's Secret. 

6. Olah raga teratur tidak dapat menyembuhkan selulit - Fakta

Olah raga rutin dapat membantu mencegah atau mengurangi tampilannya. Selulit terjadi ketika jaringan ikat bawah kulit kehilangan elastisitasnya, tetapi meregangkan dan memperkuat area tersebut dapat membantu mengurangi tampilan selulit - kecuali membakar lemak berlebih. 

Mengencangkan otot pada akhirnya akan mengencangkan kulit dan memberi ilusi bahwa selulit kurang terlihat. Rutinitas yoga yang menargetkan pantat dan paha juga dapat membantu, serta gerakan latihan yang membangun otot dan meningkatkan sirkulasi darah. 

7. Aerobik bisa mengurangi selulit - Mitos

Aerobik dapat membantu menjaga berat badan yang dapat mengurangi penampilan selulit. Tetapi untuk benar-benar menghaluskan kulit, anda juga harus melatih kekuatan otot. Orang dewasa yang melakukan latihan aerobik setiap minggu selama delapan minggu akan kehilangan berat badan, tetapi tidak memperoleh otot yang baik. Dengan kata lain, mereka hanya terlihat lebih baik dalam komposisi tubuh. 


8. Krim pengencang kulit bisa menyembuhkan selulit - Mitos


Tidak ada krim atau resep yang terbukti secara permanen mengurangi penampilan selulit. Bagaimanapun, produk yang mengandung retinoid dapat memberi beberapa efek penutup kulit sementara yang bisa membantu kemuflase selulit. 

Ada beberapa kasus bahwa krim atau lulur dengan bahan stimulan seperti kafein, jahe dan teh hijau atua hitam, dapat  membantu meningkatkan sirkulasi darah dan menghancurkan sel lemak.Namun, hal itu juga tidak terlalu terbukti, dan tidak banyak bekerja. Krim tersebut cenderung membantu pelangsingan dan pembentukan tubuh yang tidak sama dengan selulit. 


9. Injeksi dapat menghilangkan selulit - Fakta

Injeksi seperti pengisi kulit yang dapat disuntikkan, seperti restylane dan radiesse yang biasa digunakan untuk menghilangkan kerutan di wajah, juga terbukti sementara untuk bagian kulit yang terdampak selulit. Injeksi ini akan menambal selulit yang seperti kulit jeruk itu dan membuatnya tampak lebih baik. Dengan hasil yang bertahan beberapa bulan saja, prosedur ini tentunya akan menghabiskan banyak biaya. Mau mencoba?


10. Teknik laser bisa menghilangkan selulit - Fakta

Teknik laser, frekuensi radio dan pijat sudah digunakan selama beberapa tahun untuk mengurangi tampilan selulit. Walau hasilnya tidak permanen, teknik ini efektif dalam jangka pendek dan bekerja lebih baik daripada krim toko obat. 

Beberapa perawatan laser (laser TriActiv dan VelaSmooth), memerlukan 10-15 sesi untuk meningkatkan penampilan secara signifikan. Sedangakn perawatan lain seperti frekuensi radio thermage CL memerlukan 6 bulan hingga satu tahun untuk melihat hasilnya. 


11. Sedot lemak akan membuat selulit lebih baik - Mitos


Sedot lemak bukanlah solusi jika kamu ingin menghilangkan selulit. Bahkan hal itu bisa membuat distribusi lemak lebih tidak merata dan mengakibatkan penampilan luar kulitmu lebih buruk. Namun, prosedur vakum lainnya (non-bedah) yang sedikit mirip - endermologie, terbukti membantu setelah 10 perawatan, tentunya dengan biaya yang mahal guys!.


12. Buah tertentu dapat membantu melawan selulit - Fakta


Diet tidak bisa menentukan apakah kamu bakal mendapat masalah selulit atau tidak, tetapi diet nabati yang seimbang bisa mengurangi peradangan di seluruh tubuh dan membantu mempertahankan berat badan yang sehat. Tetap terhidrasi - minum air dan makan makanan berkadar air tinggi, akan membuat jaringan ikat semakin kuat dan kenyal. Mulailah dengan makan mentimun, lobak, tomat, paprika, sayuran dan buah lain yang mengandung setidaknya 90% air. 


13. Model pakaian berdampak pada selulit - Mitos

Menggunakan celana legging gaya kompret saat berolahraga dapat mengurangi goncangan pahan saat bergerak, tetapi itu hanya sementara dan kamu tidak ada melihat perubahan apapun tentang selulit. Faktanya, untuk beberapa pakaian ketat mungkin benar. Contohnya pita elastis pada pakaian dalam sebenarnya bisa berkontribusi pada penampilan selulit jika memotong sirkulasi dan membatasi aliran darah. Ribet bukan?


14. Merokok mempengaruhi selulit - Fakta

asap rokok terbukti mengurangi aliran pembuluh darah, serta melemahkan dan mengganggu pembentukan kolagen. Hal ini memungkinkan jaringan ikat menjadi melar dan mudah rusak, menyebabkan lemak yang mendasarinya terlihat. Merokok juga dapat menyebabkan penuaan dini, kulit kering, dan sangat berkontribusi dalam pembentukan selulit. 


15. Tidak ada solusi dari selulit permanan - Fakta

Hal ini bisa sepenuhnya benar, bisa juga tidak. Para ilmuwan telah menemukan prosedur terbaru untuk selulit, yaitu operasi yang disebut Cellulaze - disetujui FDA pada 2012. Operasi ini akan melebur lemak, memecah jaringan ikat fibrosa dan merangsang pertumbuhan kolagen baru. Pemulihan operasi ini cukup cepat dan mahal, tetapi hasilnya akan tampak setidaknya 1-2 tahun.

Selulit memang menjadi musuh banyak orang khususnya kaum hawa. Beberapa prosedur perawatan memang bisa dijalani, tetapi juga tidak bisa berlangsung singkat. Meski tidak bisa dihilangkan, kamu tetap bisa mengurangi penampilan selulit dengan cara yang sudah dijelaskan pada fakta diatas. Yang pasti tetap hidup sehat dengan gizi seimbang ya!

Reff : Health

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel