Cuci Muka dengan Air Cucian Beras, Cara Tradisional Banyak Manfaat - Cantik Millenial

Cuci Muka dengan Air Cucian Beras, Cara Tradisional Banyak Manfaat

Sejak dulu, air bekas cucian beras dipercaya memiliki manfaat untuk kecantikan. Maka, tak heran bila masih banyak yang menggunakan cara tradisional ini, meski ada banyak produk perawatan wajah dan kulit. 

Air bekas cucian beras jangan dibuang begitu saja. Jika kamu ingin mendapatkan kulit yang cerah dan bersih, kamu bisa menggunakan air bekas cucian beras. Memang jaman now belum banyak yang tahu manfaat air beras untuk wajah. Air yang dianggap kotor ini jangan anggap sepele gitu aja guys!.
air cucian beras untuk wajah

Sebelum mengenal manfaat air beras, ternyata air beras sudah digunakan selama berabad-abad di negara-negara Asia untuk menjaga kulit agar awet muda, serta menjaga agar rambut tetap sehat dan kuat. Bahkan, petani wanita di Jepang biasa mandi dengan air cucian beras. Air beras memang tidak diragukan lagi memiliki banyak manfaat untuk kecantikan.

Kandungan Air Beras

Sebelum membahas air beras dengan beragam manfaat, sebaiknya kamu tahu lebih dulu apa saja yang terkandung pada air beras. Beras mengandung gamma-oryzanol yang bermanfaat untuk kecantikan, serta mampu menangkal sinar ultraviolet ke dalam kulit. 

Sedangkan air beras tentunya mengandung vitamin, mineral dan asam amino yang penting untuk rambut dan kulit, termasuk asal ferulat, antioksidan kuat dan allantoin, anti-inflamasi. 

Manfaat Air Beras Untuk Wajah

air cucian beras untuk wajah

Dengan kandungan yang bermanfaat untuk rambut dan kulit, tak heran jika air beras banyak digunakan sebagai bahan dasar kosmetik. Nah, berikut beberapa manfaat air beras untuk wajah :

1. Mencerahkan kulit

Ini adalah hal yang paling dicari saat mencuci wajah dengan air beras. Kandungan gamma-oryzanol pada beras bisa membuat kulit wajah tampak lebih cerah, tentunya dengan perawatan teratur guys.

2. Menghilangkan bintik hitam

Air beras juga mengandung vitamin E yang mampu memudarkan pigmentasi pada kulit, meski efektivitasnya perlu diteliti lebih lanjut. Sehingga, mencuci wajah dengan air beras diyakini mampu menghilangkan bintik hitam pada wajah.

3. Meredakan radang pada kulit

Air beras yang dingin sangat cocok untuk meredakan radang dan kulit yang terbakar sinar matahari, karena hal itu akan membantunya untuk pulih lebih cepat serta mencegah kerusakan lebih lanjut. Kamu bisa mengoleskan air beras pada kulit untuk menenangkannya sekaligus memperbaiki secara signifikan. 

4. Perawatan jerawat

Selain mencerahkan dan mendinginkan kulit, air beras juga bermanfaat untuk perawatan jerawat membandel. Air beras berfungsi sebagai astringent pada kulit untuk mengencangkan  pori-pori. Kandungan allantionnya dapat mengurangi produksi minyak berlebih yang menjadi penyebab jerawat. 

Kamu bisa memulai perawatan dengan membersihkan wajah dengan kapas menggunakan air beras dan diamkan selama beberapa menit, untuk meminimalkan munculnya pori-pori dan untuk mengencangkan kulit. Hal ini akan meningkatkan pertumbuhan sel dan menstimulasi aliran darah. Lakukan dengan rutin untuk mendapatkan kulit yang lembut, kencang, halus dan bercahaya. 

Cara Mencuci Muka dengan Air Beras

air cucian beras untuk wajah

Air beras adalah senjata kecantikan para supermodel yang bisa kamu dapatkan dari dapur. Menggunakan air beras untuk wajah secara bertahap bisa menjadikan muka lebih bercahaya serta memudarkan flek hitam. Ada lima cara menggunakan air beras untuk wajah.

Pertama, kamu hanya perlu mencampur air dan beras. Jika ingin sekalian menanak nasi, kamu bisa gunakan air cucian beras yang pertama. Kemudian, saring air tersebut hingga didapatkan air cuciannya saja, lalu masukkan dalam wadah. Kamu bisa menggunakan air tersebut sebagai pembersih dan penyegar wajah setiap saat. Kamu bisa menyimpannya di kulkas untuk pemakaian selanjutnya. Simpan dalam wadah tertutup agar bisa bertahan hingga satu minggu. 

Kedua, kamu bisa memasukkan beras dalam kain katun atau bahan lain yang tidak mudah robek. Hal ini jangan dilakukan jika kamu ingin sekalian menanak nasi yaa.  Kemudian, tumbuk beras dalam kain hingga hancur, lalu masukkan ke dalam air hangat untuk dioleskan pada wajah. Usapkan buntalan kain secara merata sebelum dibilas dengan air dingin. 

Ketiga, kamu bisa merendam beras. Caranya adalah mencuci beras dengan bersih. Kemudian masukkan dalam mangkuk dan tambahkan 2-3 gelas air, diamkan selama 30 menit. Setelah itu saring air beras ke dalam mangkuk bersih dan gunakan pada wajah setiap saat. 

Keempat, kamu bisa mendapatkan air beras dari proses fermentasi. Caranya seperti langkah ketiga, tetapi kamu perlu merendam beras selama dua hari di tempat yang sejuk. Setelah itu saring air beras ke dalam mangkuk bersih dan gunakan pada wajah setiap saat. 

Kelima merupakan cara yang cukup ribet karena didapatkan dari hasil memasang beras. Kamu perlu menambahkan air lebih banyak dari takaran menanak nasi biasanya. Saat nasi dan air mendidih, ambil air beras dan saring ke dalam mangkuk yang bersih. Gunakan setelah dingin. 

Kamu bisa menggunakan dua cara tersebut yang paling mudah menurut kamu. Jika setiap hari kamu menanak nasi, maka cara pertama adalah cara mudah yang bisa digunakan. Namun perlu diingat, cara tradisional tersebut juga perlu dilakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel