Hindari 7 Kebiasaan Buruk Penyebab Kerusakan Rambut - Cantik Millenial

Hindari 7 Kebiasaan Buruk Penyebab Kerusakan Rambut

Kebiasaan yang Bisa Merusak Rambut. Rambut dianggap sebagai pilar keindahan, bahkan merupakan mahkota kepala wanita. Semua orang suka mempunyai rambut sehat, berkilau dan sehat karena hal itu mencerminkan kepribadian seseorang, sehingga masalah rambut yang serius pun bisa mempengaruhi harga diri seseorang. 

Selama berabad-abad, banyak orang telah mencari cara untuk menjaga rambut agar tetap sehat. Meski bagi sebagian orang beruntung bisa mendapatkan rambut yang sehat dengan cara alami, banyak juga yang mengeluhkan masalah rambut seperti kerontokan, rapuh, kusam dan sebagainya. 

penyebab rambut rusak

Genetika dan masalah kesehatan terhubung langsung kedalam kesehatan rambut kamu. Ada banyak hal dalam rutinitas yang mungkin tidak sengaja bisa merusak rambut kamu, cepat atau lambat. 

Berikut adalah kebiasaan buruk yang bisa merusak rambut : 

1. Stress 

Stress tidak hanya mempengaruhi kesehatan mental dan fisik, tapi juga bisa menjadi penyebab kerontokan rambut. Folikel rambut adalah target yang penting untuk stress. Pengaruh neurohormonnya, neuropeptida dan neurotransmitter selama stress, secara signifikan dapat mempengaruhi aktivitas siklik folikel rambut. 

Ketika stress, rambut masuk ke fase telogen (jatuh). Bahkan rambut rontok bisa terjadi 3 bulan setelah stress. Biasanya rambut akan tumbuh kembali dalam kurun waktu 6 - 9 bulan. 

Untuk melawan stress, coba lah untuk meditasi, melatih pernafasan dalam dan mengambil langkah-langkah untuk menghilangkan stress seperti refreshing. 

2. Diet yang buruk 

Apa yang kamu makan memiliki dampak langsung pada kulit dan kesehatan rambut. Rambut membutuhkan berbagai vitamin, mineral dan protein untuk tetap sehat. Asam amino esensial, protein, zat besi dan seng penting untuk pertumbuhan rambut. Jadi, sangat penting mengikuti diet sehat untuk menjaga rambut sehat. 

Kamu harus menyertakan makanan sehat dan alami yang kaya akan protein, vitamin E, zat besi dan makanan kaya mineral dalam daftar menu diet. Jangan bertahan hidup dengan junk food atau diet buruk lainnya karena bisa menyebabkan kekurangan gizi yang bisa menjadi penyebab kerusakan rambut. 

3. Alat Penata Rambut 

penyebab rambut rusak

Kini, kebanyakan orang cenderung bereksperimen dengan rambut dan menggunakan alat penata rambut. Penggunaan hair dryer sehari-hari dapat menyebabkan kerusakan yang signifikan pada rambut. Sehingga menjadikannya tampak kusam dan kering. 

Untuk mengurangi kerusakan, atur pengering rambut pada pengaturan rendah dan gunakan dengan gerakan naik-turun. Namun, masih lebih baik jika rambut kering dengan sendirinya secara alami. 

Penggunaan pengering rambut menyebabkan lebih banyak kerusakan permukaan dari pengeringan alami. Seringnya melakukan perawatan rambut yang lain seperti meluruskan atau keriting rambut berkontribusi merontokkan rambut lebih banyak karena terlalu banyak panas dapat menyebabkan kerusakan serius pada rambut. 

4. Menggunakan Produk Kimia 

Untuk menjaga rambut sehat, banyak yang mengaplikasikan shampo, gel, serum dan produk styling rambut lainnya. Tapi tidak semua produk tersebut sehat untuk rambut kamu. Banyak produk mengandung bahan kimia berbahaya yang bisa menyebabkan kerusakan besar pada rambut. 

Bahan kimia seperti hidrogen peroksida dan amonia dalam pewarna rambut bisa menyebabkan rambut tipis dan rontok. Dihidrotestosteron (DHT) pada shampo dapat berkontribusi menyebabkan rambut rontok. Natrium hidroksida juga bahan kimia yang bisa melemahkan rambut serta menyebabkan infeksi kulit kepala. 

Hindari merawat rambut dengan produk-produk berbasis bahan kimia yang keras. Pilihlah produk herbal dan resep buatan sendiri untuk masker rambut menggunakan bahan-bahan alami. 

5. Berenang di Air Berklorin 

Berenang merupakan salah satu kegiatan untuk membantu kamu tetap fit dan sehat. Namun, berenang di air yang diklorinasi tidak baik untuk rambut kamu. Klorin dapat menghapus minyak alami rambut. Sehingga, membuat rambut tidak bersinar, tidak fleksibel dan rentan terhadap kerusakan. 

Meski berenang sangat baik, klorin yang digunakan sebagai desinfektan pada kolam renang tidak baik untuk kesehatan. 

Cobalah tidak sering berenang di kolam klorinasi. Jika memang hobi, jangan lupa menggunakan topi renang untuk melindungi rambutmu. Pastikan untuk mandi, mencuci rambut kamu dan jangan biarkan air kolam mengering di rambutmu. 

6. Gaya Rambut 

penyebab rambut rusak

Bila kamu suka menata rambut, pikirkan lagi untuk jangka waktu panjang, karena bisa saja gaya menata rambut bisa menjadi penyebab kerusakan rambutmu. 

Berikut adalah penataan rambut yang bisa menyebabkan rambut rusak : 
  • Sasak rambut kadang diperlukan untuk membuat model rambut sesuai yang diinginkan. Sasak rambut biasanya dilakukan ketika sanggul rambut maupun untuk membuat rambut lebih mengembang. Hal ini bisa menyusutkan rambut kamu dan membuatnya rusak selama berbulan-bulan. 
  • Menyikat dengan agresif dengan gesekan terus menerus bisa merusak serat alami rambut dan membuat rambut menjadi rapuh.Untuk sasak rambut, lakukan hanya sesekali dengan sisir bergigi halus. Lakukan dengan lembut dan tidak tergesa-gesa. Setelah selesai, sisirlah rambut dengan lembut mulai akar sampai ujungnya.
  • Mengikat ketat rambut dengan model ekor kuda, kepang dan sebagainya. Ketegangan yang berlebihan pada folikel rambut bisa menyebabkan kerusakan rambut, karena bisa melemahkan folikel secara permanen dan memungkinkan rambut tidak tumbuh lagi. Ikatlah rambut kamu dengan sedikit longgar.

7. Kesalahan Mencuci Rambut 

Ada beberapa pantangan yang harus diperhatikan ketika mencuci rambut yaitu: 
  • Mencuci rambut berlebihan
  • Mencuci rambut dengan air hangat
  • Menyisir rambut basah
Kelebihan mencuci rambut adalah kesalahan umum yang sering dilakukan ketika pergi ke tempat perawatan rambut. Terlalu banyak keramas bisa menghisap kelembaban alami dan menyebabkan rambut kering. 

Pastikan keramas tiga kali seminggu. Jika berkeringat atau menggunakan banyak produk, cucilah rambut dua kali sehari. 

Panas dari air panas bisa melepaskan minyak alami rambut yang membuat rambut kering dan rapuh. Untuk rambut yang sehat, keramaslah dengan air hangat tidak lebih dari 15 menit, dua atau tiga kali seminggu. untuk bilasan akhir, gunakan air dingin untuk membantu mengunci kelembaban. 

Kadang orang sering menyisir rambut setelah keramas tanpa mempertimbangkan bagaimana bahayanya untuk rambut. Saat basah, helai rambut masih rapuh dan lebih rentan terhadap kerusakan. 
Cara terbaik adalah menyisir rambut sebelum keramas untuk mengurangi kekusutan. Setelah mencuci, lap lembut dengan handuk dan biarkan kering atau sedikit basah sebelum menyisirnya. 

Itu adalah hal-hal yang tidak disadari bisa menyebabkan kerusakan pada rambut secara permanen. Di samping vitamin dan mineral, kebiasaan buruk yang bisa merusak rambut juga harus ditinggalkan untuk mencegah kerontokan. Selamat mencoba ! 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel