5 Cara Membuat Minyak Rambut Alami untuk Mengatasi Kerontokan - Cantik Millenial

5 Cara Membuat Minyak Rambut Alami untuk Mengatasi Kerontokan

Minyak Rambut Alami untuk Mengatasi Kerontokan. Menghentikan rambut rontok, tipis, patah serta menumbuhkan kembali rambut yang sehat, kuat dan padat hanya dalam 1 minggu?.

Memang tidak terdengar mustahil jika kamu mengetahui bahan-bahan alami yang akan membantu kamu untuk mendapatkannya. Kamu bisa menggunakan minyak herbal alami yang bisa kamu buat sendiri. 

cara mengatasi rambut rontok

Minyak herbal menyediakan makanan intens untuk kulit kepala, merangsang pertumbuhan rambut, memperkuat akar rambut dan mengatasi masalah kerontokan rambut. Beberapa minyak rambut alami juga efektif untuk melawan rambut beruban, ketombe dan infeksi kulit kepala. 

Setiap jenis rambut perlu minyak rambut sendiri dan kamu bisa menggunakan yang sesuai dengan rambut kamu. 

Berikut adalah 5 minyak rambut alami untuk mengatasi rambut rontok dalam waktu 1 minggu : 

1. Lidah Buaya 

cara mengatasi rambut rontok

Gel lidah buaya mengandung 20 asam amino berbeda yang berfungsi memperkuat dan melembabkan rambut sehingga memberikan keuntungan yang luar biasa untuk rambut. 

Dua vitamin penting yaitu vitamin A dan vitamin E ada di dalam gel lidah buaya untuk mencegah rambut kering, memperbaiki kerusakan folikel rambut, meningkatkan pertumbuhan rambut dan membuat rambut halus. 

Cara membuat minyak rambut alami dan lidah buaya : 
  • Campurkan gel 1 daun lidah buaya dengan 1/2 cangkir minyak kelapa dengan perbandingan 1 : 1. 
  • Panaskan dengan panas rendah sekitar 5-7 menit, kemudian dinginkan. 
  • Tambahkan 5 tetes minyak esensial rosemary (opsional). 
  • Tuangkan minyak ke dalam botol. 
  • Simpan di tempat sejuk untuk pemakaian maksimal 2 minggu. 

Untuk menggunakannya, tuangkan minyak dalam wadah sesuai dengan panjang dan ketebalan rambut. Hangatkan minyak, celupkan jari-jari kamu ke dalam minyak kemudian pijat ke kulit kepala, akar rambut dan rambut kamu sekitar 2 mint. Diamkan selama 1 jam sebelum dibilas dengan shampo. Lakukan dua kali seminggu. 

Minyak rambut lidah buaya ini bermanfaat untuk merangsang produksi rambut baru, memperkuat rambut, mencegah rambut rontok, menyembuhkan dan menenangkan kulit kepala kering, gatal yang disebabkan ketombe, melembabkan, memelihara dan menyeimbangkan tingkat pH kulit kepala dan rambut. 

2. Kembang Sepatu 

cara mengatasi rambut rontok

Kembang sepatu adalah bunga ajaib yang memberikan keuntungan pada rambut. Kembang sepatu kaya akan asam amino, vitamin A, Vitamin C dan mineral yang membantu memerangi rambut rontok, mencegah penuaan dini pada rambut, meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengurangi rambut rontok. 

Cara membuat minyak rambut alami dari kembang sepatu, kamu membutuhkan kelopak dan daun kembang sepatu, minyak kelapa dan minyak almond (badam). Cara membuatnya sebagai berikut : 
  • Cuci 2 kelopak dan 1/2 cangkir daun kembang sepatu dan keringkan di bawah matahari atau oven. 
  • Panaskan dalam wajan masing-masing 1/4 cangkir minyak kelapa dan minyak almond. 
  • Tambahkan kelopak dan daun kembang sepatu yang kering. 
  • Panaskan dalam api kecil sekitar 5 menit. 
  • Saring campuran dan masukkan dalam botol. 

Pijatlah kulit kepala dan akar rambut dengan jari-jari kamu menggunakan minyak sekitar 2 menit. Diamkan selama 1 jam sebelum dibilas. 

Minyak kembang sepatu buatan sendiri ini akan membuat rambut bercahaya, melawan rambut beruban, merangsang folikel rambut tumbuh, mengurangi rambut rontok dan membuat rambut halus dan lembut. 

3. Buah Amla 

cara mengatasi rambut rontok

Amla atau gooseberry India adalah tonik terbaik untuk rambut. Amla adalah obat yang sangat baik untuk perawatan rambut rontok, memulihkah rambut ke warna alami, meningkatkan pertumbuhan rambut dan menjadikannya bersinar. Amla memberikan efek pendingin pada kulit kepala dan membantu mengurangi stress. 

Membuat minyak rambut alami dari buah amla, kamu membutuhkan amla segar, minyak kelapa dan minyak wijen. Cara membuatnya sebagai berikut : 
  • Potong 2 amla segar menjadi potongan kecil dan keringkan di bawah sinar matahari. 
  • Campurkan 4 sdm minyak kelapa dan 2 sdm minyak wijen dalam wajan panas. 
  • Tambahkan buah amla kering dan panaskan dalam panas rendah. 
  • Biarkan dingin dan simpan dalam botol. 

Terapkan minyak pada seluruh kulit kepala dan rambut. Pijat dengan jari-jari dalam gerakan melingkar untuk meratakan minyak serta meningkatkan aliran darah. Biarkan semalam, kemudian bilas dengan air hangat dan keramas esok paginya. 

Minyak buah amla cocok untuk pria dan wanita yang menderita rambut rontok, beruban prematur dan rambut rusak. Menggunakan minyak rambut buah amla secara teratur dapat meningkatkan fleksibilitas rambut dan membuat rambut lebih gelap. 

4. Bawang 

cara mengatasi rambut rontok

Bawang membantu mengobati rambut rontok dan masalah rambut lainnya karena kandungan sulfur yang tinggi. Antibakteri pada bawang membersihkan infeksi kulit kepala yang menyebabkan rambut rontok. 

Bawang juga mengandung sejumlah mineral dan vitamin penting untuk pertumbuhan rambut yang kuat dan padat. Manfaat dan Penggunaan Bawang untuk Pertumbuhan Rambut bisa dilakukan dengan membuat minyak bawang. 

Membuat minyak rambut alami dari bawang, kamu membutuhkan bawang merah, bawang putih, minyak kelapa dan minyak esensial (rosemary atau lavender). Cara membuatnya sebagai berikut : 
  • Cincang halus 1 bawang merah kecil dan 2 siung bawang putih. 
  • Tambahkan 6 sdm minyak kelapa dan panaskan dengan api kecil. 
  • Dinginkan minyak dan tambahkan 4 tetes minyak esensial. 
  • Simpan dalam lemari es. 

Minyak ini bisa digunakan sampai 10 hari. Cara menggunakannya, pijat kulit kepala dan rambut dengan minyak bawang. Tutup dengan handuk panas-basah selama 20 menit sebelum dibilas dengan shampo. Untuk menyingkirkan bau bawang, gunakan campuran jus lemon segar untuk digunakan pada bilasan terakhir. 

Minyak rambut bawang akan membantu kamu mendapatkan rambut yang sehat, cantik dan padat serta mencegah rambut rusak. Bawang merah dan bawang putih bekerja untuk memperkuat akar rambut, membuat rambut tumbuh panjang, tebal dan mengkilap. 

5. Jahe 

cara mengatasi rambut rontok

Siapa kira jahe ternyata bermanfaat untuk rambut rontok!. Jahe sangat efektif untuk rambut rontok, kebotakan, ketombe, kulit kepala gatal dan pertumbuhan rambut. Jahe juga bekerja sebagai pembersih dan conditioner rambut. Sifat anti-inflamasi dan antiseptik yang alami menjaga kulit kepala dari infeksi.

Membuat minyak rambut alami dari jahe, kamu memerlukan jahe, minyak zaitun dan minyak esensial rosemary. Cara membuatnya sebagai berikut ; 
  • Panaskan 1/2 cangkir minyak zaitun pada wajan. 
  • Tambahkan 1 sdm jahe parut dan biarkan mendidih sampai semua air menguap. 
  • Dinginkan minyak dan saring dalam botol. 
  • Tambahkan beberapa tetes minyak esensial. 

Minyak ini bisa digunakan selama 2 minggu dengan penyimpanan di tempat gelap dan dingin. Cara menggunakannya, oleskan minyak pada akar rambut dan pijat lembut selama 15 menit. Kemudian bilas dengan air hangat dan shampo. 

Jika kamu memiliki kulit yang sensitif, mungkin akan merasakan iritasi ringan pada kulit kepala, tapi itu akan reda setelah beberapa waktu. Tapi jika iritasi berlangsung lama, segera keramas untuk menyingkirkan minyak dari kulit kepala. 

Minyak rambut jahe ini menghilangkan ketombe dan berbagai masalah yang berhubungan dengan kulit kepala lainnya seperti rambut rontok dan tipis. Minyak rambut ini memberikan rambut sehat, kuat, berkilau alami dan membuat rambut berbau baik sepanjang hari. 

Minyak rambut alami ini tentu berkhasiat lebih daripada minyak rambut berbahan kimia. Bahan dan cara membuatnya yang mudah' pun akan memberimu rambut yang indah. Ingin mencoba ? 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel