Kantung Mata Hitam?, Lakukan 6 Cara Jitu Mengatasinya - Cantik Millenial

Kantung Mata Hitam?, Lakukan 6 Cara Jitu Mengatasinya

Cara Menghilangkan Kantung Mata Hitam. Lingkar hitam pada mata membuat siapapun tampak tua sekaligus tidak sehat dan lelah. Ya, wajah kamu memang tidak sehat jika ada kantung mata hitam di bawah mata kamu.

Kantung hitam pada mata yang biasanya mulai muncul pada usia dewasa, bisa terjadi pada laki-laki maupun perempuan. Ini tidak menutup kemungkinan bisa muncul pada anak-anak.

Cara Menghilangkan Lingkar Hitam di Bawah Mata

Penyebab Kantung Mata Hitam

Lingkar hitam di bawah mata bisa terjadi karena beberapa hal. Berikut adalah beberapa penyebab kantung mata hitam atau yang eksis dikenal dengan mata panda :

1. Keturunan : Keturunan atau genetika adalah penyebab terbesar adanya kantung mata hitam. Kulit tipis dan transparan merupakan sifat yang bisa diturunkan dalam keluarga. Mata cekung juga berkontribusi terhadap adanya kantung mata hitam.

2. Kulit tipis : Ini merupakan penyebab utama lingkar hitam di bawah mata bagi kebanyakan orang. Ketika seseorang semakin tua, kulit di bawah mata akan menipis karena kehilangan lemak dan kolagen sehingga lingkaran pembuluh darah terlihat dan warna gelap mulai muncul permanen. Paparan sinar matahari akan mempercepat proses ini.

3. Kelelahan : Kelelahan dan kurang tidur yang berlebihan bisa menyebabkan kulit pucat sehingga pembuluh darah di bawah kulit semakin terlihat dan memberikan penampilan kantung mata hitam.

4. Alergi : Kondisi yang menyebabkan gatal-gatal pada mata seperti alergi berkontribusi memunculkan lingkar hitam dibawah mata karena kamu menggosok-gosok mata kamu.

5. Anemia defisiensi : Kurang mengkonsumsi makanan bergizi atau tidak diet seimbang bisa memberikan perubahan warna kantung mata menjadi gelap. Kekurangan zat besi juga bisa menjadi penyebab kantung mata gelap.

6. Obat : Jika kamu meminum obat yang bisa meningkatkan saluran pembuluh darah, maka hal ini juga bisa membuat lingkar hitam di bawah mata kamu. Hal ini kulit di bawah mata sangat tipis. 

Sehingga, setiap aliran darah yang meningkat lebih terlihat melalui kulit yang semburat kebiruan. Merokok, mengkonsumsi alkohol kronis dan stress juga bisa menjadi penyebab kantung mata hitam.

7. Kehamilan dan menstruasi : Pada kondisi tersebut, wanita akan kekurangan zat besi sehingga kulit menjadi pucat dan menyebabkan pembuluh darah di bawah mata semakin terlihat.

8. Dehidrasi : Dalam beberapa kasus, kantung mata hitam bisa terjadi.

9. Penyakit Hati : Kantung mata hitam bisa disebabkan oleh beberapa penyakit hati.
 

Cara Menghilangkan Kantung Mata Hitam

Cara Menghilangkan Lingkar Hitam di Bawah Mata

Beberapa penyebab mata panda tentu bisa diatasi dengan tips-tips alami yang bisa kamu lakukan di rumah. Kamu bisa mengurangi kantung mata hitam maupun mencegahnya.

1. Tidur yang cukup

Meskipun tidur yang cukup tidak benar-benar menghapus mata panda kamu, tetapi hal ini akan mengurangi penampilan lingkar hitam pada mata kamu. Kurang tidur cenderung menyebabkan kulit kamu menjadi lebih pucat karena kurangnya sirkulasi darah sehingga meningkatkan penampilan lingkar hitam pada mata.

Stress, merokok dan cenderung mengkonsumsi alkohol adalah faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas tidur kamu. Relaksasi untuk mengurangi stress. Kulit sebagian besar dipengaruhi oleh stress yang cenderung mencerminkan sejumlah gangguan emosional dan fisik. 

Kamu bisa mengurangi atau menghindari hal tersebut. Biasanya, 7-9 jam tidur per malam sudah cukup. Tapi hal ini bervariasi dari orang ke orang.

2. Mengobati alergi

Seringkali alergi ditemukan menjadi penyebab adanya kantung hitam pada mata. Jika alergi adalah penyebabnya, maka alergi harus disembuhkan. Konsultasikan alergi dengan dokter. Orang yang memiliki alergi kadang-kadang mengalami kekurangan B6, B12 dan asam folat.

3. Makan bergizi

Kantung hitam pada mata kadang dikaitkan dengan kurangnya asupan makanan bergizi, kurangnya vitamin dan antioksidan yang tidak memadai. Minumlah cukup cairan untuk meningkatkan sirkulasi darah untuk membantu mengeluarkan racun dalam tubuh yang bisa berkontribusi penyebab kantung mata hitam.

Berikut adalah makanan dengan kandungan vitamin yang baik untuk mengurangi kantung hitam pada mata :
  • Buah-buahan dan sayur berdaun hijau seperti bayam dan kubis.
  • Makanan mengandung pigmen antioksidan : cranberry, bilberry, kismis hitam, bawang, kacang dan peterseli.
  • Makanan yang kaya asam folat, vitamin B,C,D,E dan minyak ikan.

Kelebihan asupan garam dapat mengganggu sirkulasi darah yang menyebabkan pembuluh darah tampak lebih biru. 

Garam yang berlebihan di dalam tubuh juga bisa membuat tubuh menahan air di tempat yang tidak biasa seperti di sekitar mata. Kurangi konsumsi garam sebagai cara menghilangkan mata panda kamu.

4. Perawatan alami

Beberapa pengobatan alami untuk menghilangkan kantung hitam pada mata bisa kamu lakukan. Kamu bisa menempatkan kantong teh, mentimun ataupun kentang pada kelopak mata kamu untuk mulai perawatan secara alami.

5. Kurangi kebiasaan buruk pada mata

Kamu perlu memperhatikan beberapa hal untuk mencegah maupun mengurangi mata panda kamu, sebagai berikut :
  • Kurangi kebiasaan menggosok mata karena bisa mematahkan pembuluh kapiler di bawahnya yang berakibat perubahan warna mata.
  • Hindari minum terlalu banyak cairan sebelum tidur. Retensi air yang berlebihan bisa menambah retensi kantong di bawah mata kamu.
  • Gunakan tabir surya atau kacamata hitam untuk melindungi dari perubahan melanin dan mencegah kantung hitam pada mata.
  • Gunakan pelembab dengan vitamin C dan antioksidan untuk meningkatkatkan kolagen di bawah mata.

6. Bersihkan hidung tersumbat

Hidung tersumbat bisa menyebabkan lingkar mata karena pembuluh darah di sekitar mata gelap dan melebar. Rajinlah membersihkan hidung kamu untuk mencegah hitamnya kantung mata kamu.

Beberapa tips bisa kamu lakukan untuk mencegah maupun menghilangkan mata panda kamu. Namun kantung hitam yang disebabkan karena keturunan, mata cekung dan kulit tipis adalah penyebab dimana kamu tidak bisa berbuat banyak untuk menghilangkannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel