6 Tips Jitu Menghilangkan Bau Mulut Dengan Mudah - Cantik Millenial

6 Tips Jitu Menghilangkan Bau Mulut Dengan Mudah

Cara Menghilangkan Bau Mulut. Semua orang bangun dengan nafas yang tidak segar di pagi hari. Hal ini disebabkan karena bakteri berkembang biak di mulut pada malam hari dan tidak ada aliran continue air liur untuk mencuci bakteri itu pergi. Hal ini bisa diatasi dengan menggosok gigi atau dibersihkan dengan benang.

Tidak semua orang yang memiliki bau mulut menyadari bahwa mereka memiliki masalah. Reaksi aneh orang lain ketika kamu membuka mulut untuk berbicara adalah sebuah petunjuk bahwa kamu memiliki masalah dengan bau mulut. 

Cara Menghilangkan Bau Mulut

Namun, kamu bisa mengkonfirmasi hal tersebut, salah satunya dengan mengambil sepotong kain kasa dan mengusapkannya ke lidah. Jika kain kasa keluar dengan warna kuning atau berbau, itu merupakan indikator tingkat sulfida (penyebab bau mulut) dalam tubuhmu. 

Ada banyak cara untuk menutupi bau mulut, tetapi lama-kelamaan hal itu akan membosankan. Ada beberapa cara menghilangkan bau mulut yang bisa kamu lakukan dengan cara-cara sederhana di bawah ini :

 1. Sikat Gigi Secara Teratur

Cara Menghilangkan Bau Mulut
Peralatan Kebersihan Mulut
Dua sumber utama bau mulut adalah bakteri dan partikel makanan yang membusuk. Penumpukan plak pada gigi akan mengumpulkan bakteri yang pada akhirnya menambah masalah pada mulut.

Cara menghilangkan bau mulut paling utama adalah sikat gigi secara teratur sedikitnya dua kali sehari. Kamu bisa menambah dengan membersihkan sela-sela gigi dengan benang sutra yang pendek.

Sikatlah gigi dengan tidak berlebihan dan menekan terlalu keras. Sikatlah semua daerah mulut kamu termasuk gusi dan lidah karena penyakit gusi juga menyebabkan bau mulut. Jika dilakukan dengan benar, menyikat gigi harus dilakukan sekitar 3 menit.

2. Cuci Mulut

Selain menyegarkan nafas, obat kumur juga menambah perlindungan extra dengan menyingkirkan bakteri dan ini adalah salah satu cara menghilangkan bau mulut. 

Namun pastikan obat kumur kamu bisa membunuh kuman yang menyebabkan bau mulut, bukan hanya untuk menutupi bau saja. Cucilah mulut setiap hari sedikitnya sekali untuk menghilangkan bau mulut. 

Cara menghilangkan bau mulut secara alami bisa dilakukan dengan berkumur dengan air biasa setelah makan, hal ini bisa menyingkirkan partikel makanan yang terjebak dalam gigi.

3. Bersihkan Lidah

Lapisan yang terbentuk pada lidah bisa menjadi tuan rumah bagi bakteri penyebab bau mulut. Lidah memiliki permukaan yang ditutupi oleh benjolan bertekstur yang dijadikan pelabuhan bagi bakteri. 

Membersihkan lidah bisa membantu menghilangkan bau mulut Caranya adalah dengan menyikat lidah  dari belakang ke depan, lebih baik dengan sikat lidah.

4. Hindari Makanan Berbau

Sayuran seperti bawang merah, bawah putih, daun bawang memiliki aroma tajam. Zat yang menyebabkan bau menyengat bisa masuk ke dalam aliran darah yang juga mengalir ke paru-paru dan kembali lagi sebagai bau mulut.

Karena makanan tersebut memiliki manfaat kesehatan, sebaiknya beri batasan untuk mengkonsumsinya daripada menghilangkannya. Tetap sikat gigi setelah memakan makanan menyengat untuk menghilangkan bau mulut.

5. Hilangkan Mengkonsumsi Tembakau

Berhentilah merokok dan mengunyah produk tembakau. Selain menyebabkan kanker, merokok dapat merusak gusi, menodai gigi dan menyebabkan bau mulut. Ingatlah bahwa tembakau terkenal karena menyebabkan bau mulut.

Lebih baik makanlah buah-buahan dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Hal ini termasuk salah satu cara menghilangkan bau mulut karena akan membantu melawan bakteri berbahaya penyebab bau mulut.

6. Melembabkan Mulut

Cara Menghilangkan Bau Mulut
Konsumsi Permen Karet
Gigi kamu bisa rusak dan bau mulut akan menjadi masalah selanjutnya jika kamu tidak membuat air liur yang cukup. Jika mulut kering, minumlah banyak air sepanjang hari atau kunyahlah permen karet atau permen tanpa gula.

Seperti di awal, cara menghilangkan bau mulut adalah dengan menyingkirkan bakteri penyebabnya. Bakteri di mulut suka gula yang akan mereka gunakan untuk membuat asam yang bisa merusak gigi.

Permen karet (tanpa gula) merangsang air liur yang merupakan mekanisme pertahanan alami mulut terhadap asam plak yang menyebabkan kerusakan gigi dan bau mulut.

Itu adalah beberapa cara menghilangkan bau mulut yang mudah dilakukan dan harus dilakukan dengan teratur setiap hari untuk menjaga nafas tetap segar dan terhindar dari bau mulut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel