9 Cara Mudah Menghilangkan Kerutan di Wajah Secara Alami - Cantik Millenial

9 Cara Mudah Menghilangkan Kerutan di Wajah Secara Alami

Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah. Keriput adalah tanda tak terelakkan dari penuaan, kecuali kamu pergi untuk mengatasinya dibawah laser, pisau operasi atau chemical peeling yang tentunya akan mengurangi penampilan. Alam tau apa yang kamu butuhkan selama kamu tau apa yang kamu cari guys!

Ketika usia kulit kekurangan kolagen yang merupakan protein pengencang kulit, membuat semua orang rentan terhadap garis-garis halus dan kendur yang muncul di wajah. Lalu bagaimana cara mencegah keriput?


Berikut adalah beberapa cara menghilangkan kerutan di wajah secara alami yang bisa kamu aplikasikan pada kulit wajah :

1. Putih Telur

Putih telur mengandung vitamin B dan kaya akan vitamin E yang bisa meremajakan kulit. Putih telur penuh dengan protein untuk perbaikan jaringan dan pertumbuhan.

Siapkan putih telur dalam mangkuk, lalu pijat ke kulit dan biarkan kering selama kurang lebih 15 menit. Kemudian bilas dengan air hangat.

Kamu bisa mencampur satu putih telur dengan 1 sdt jus lemon dan setengah sendok teh madu untuk mendapatkan antiseptik dan antibakteri sekaligus astringent yang melawan bakteri. Ini membantu untuk mengencangkan kulit dan mengecilkan pori-pori.

2. Minyak

Minyak Zaitun kaya akan antioksidan, vitamin A dan E yang membantu melawan radikal bebas kulit yang rusak, sehingga minyak zaitun lebih sering digunakan sebagai pelembab. Minyak zaitun alami dapat membantu kulit tetap lembut dan lentur sekaligus melindungi terhadap kerusakan akibat paparan sinar matahari. 

Pijat lembut beberapa tetes pada wajah sebelum tidur dan bilas dengan handuk lembut. Kamu akan bangun dengan kulit lembut dan tampak sehat.

Minyak Kelapa juga kaya akan antioksidan dan bisa mencegah pembentukan radikal bebas yang menjadi penyebab penuaan dini. Minyak kelapa adalah pelembab alami yang mengandung emollient yang membantu mengurangi keriput.

Kamu bisa juga memijat wajah menggunakan minyak almond untuk menunda efek penuaan.

3. Buah dan Sayur


Kulit adalah kombinasi protein, air dan lemak yang membutuhkan pasokan makanan sehat. Buah segar dan sayur yang kaya akan vitamin A dan D akan membantu untuk membuat kulit tampak bersinar dari dalam. 

Blueberry memiliki kombinasi antioksidan dan vitamin C. Tomat mengandung vitamin C yang memiliki lycopene yaitu komponen yang melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. 

Wortel memiliki kandungan vitamin A yang tinggi dan bisa membantu pengelupasan kulit. Selain dikonsumsi, kamu bisa menggunakan wortel sebagai masker karena ini termasuk salah satu cara menghilangkan kerutan pada wajah.

Rebus 2 - 3 wortel dalam air hingga lunak. Kemudian haluskan dengan madu sampai menjadi pasta yang bisa digunakan sebagai masker. Diamkan sekitar 1,5 jam sebelum dibilas dengan air hangat 


Masker pisang yang dihancurkan dengan 1 sdt jus jeruk dan 1 sdt yoghurt polos bisa mencegah penuaan dan memudarkan bintik-bintik gelap pada wajah karena kandungan vitamin A dan B di dalamnya. Sedangkan vitamin E bisa memerangi radikal bebas dan memperkuat ketahanan kulit terhadap kerusakan UV.

Nanas memiliki enzim yang berfungsi untuk melembabkan kulit, dan menghilangkan sel kulit mati. Kamu bisa menggosokkan daging nanas pada kulit dan keringkan selama 20 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

4. Lemon

Keasaman lemon membantu mencerahkan kulit sekaligus mengurangi munculnya keriput pada wajah. Iris lemon dan pijat ke dalam garis-garis halus dan kerutan wajah kamu. Kamu juga bisa mengaplikasikan jus lemon dengan madu sebagai masker untuk mengencangkan kulit. 

Caranya, campurkan jus lemon dan madu dan gunakan sebagai masker sekitar 10 menit. Madu mengandung humektan yang mempertahankan kelembaban sel kulit, sementara lemon meningkatkan produksi kolagen.

5. Pijat

Gunakan lotion favoritmu untuk memijat dengan sentuhan tegas yang lembut. Fokuskan pijatan pada daerah leher, di bawah mata dan dahi. Pijat bisa melemaskan otot-otot wajah dan bisa mengurangi kerutan pada wajah.

6. Mentimun

Mentimun mengandung B1, B2, B3, B5, B6, asam folat, Vitamin C, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium dan seng. Mentimun membantu mengencangkan, mencerahkan sekaligus melindungi dari kekeringan, menjaga dari peradangan dan menetralisir radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini.

Haluskan setengah mentimun dengan daun mint, kemudian campurkan dalam setengah cangkir yoghurt Yunani dan taruh di lemari es untuk masker. 

7. Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung asam malat yang membantu mengurangi kerutan dan meningkatkan elastisitas kulitmu.

Potong daun lidah buaya dan terapkan gel pada kulit, biarkan 15-20 menit sebelum mencucinya dengan air hangat.

8. Jahe

Jahe merupakan salah satu cara menghilangkan kerutan pada wajah karena berfungsi sebagai obat anti kerut yang baik dengan kandungan antioksidan yang tinggi, sekaligus membantu menghambat pemecahan elastin - penyebab utama keriput dan garis halus.

Campur jahe parut dengan 1 sdm madu dan makanlah campuran ini setiap pagi, atau kamu bisa minum teh jahe dua kali sehari.


9. Almond


Almond merupakan sumber serat, vitamin E, zat besi, seng, kalsium, asam folat dan asam oleat yang bisa menunda proses penuaan dan mengobati kerutan.

Rendam beberapa almond dalam susu mentah selama semalam. Pagi harinya, giling almond sampai menjadi pasta kental dan oleskan pada kulit wajahmu, termasuk di bawah mata untuk menghilangkan lingkaran hitam. Biarkan masker selama 20-30 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Lakukan setiap hari.


Penuaan merupakan fenomena yang mengarah ke pembentukan kerutan dan garis halus pada kulit. Beberapa treatment tersebut adalah cara menghilangkan kerutan di wajah secara alami yang bisa dilakukan di rumah. Hal ini akan mengurangi proses keriput sehingga ada bisa terlihat lebih muda selama bertahun-tahun.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel